• Artikel
  • 12 April 2019
  • 56 Dilihat
  • Meyliza

Jangan Anggap Remeh, Ini Alasan Rumah Harus Selalu Bersih!

     Punya kebiasaan malas membersihkan rumah dan membiarkan rumah berantakan serta berdebu? Jika iya, mulai sekarang cobalah untuk rajin-rajin membersihkan rumah dan pastikan bahwa rumah selalu bersih, rapi juga mengesankan. Karena apa? Karena, rumah yang bersih juga akan membuat penghuninya sehat serta bersih pula secara fisik maupun psikis. Sementara itu, rumah yang kotor dan berantak justru sering kali membuat pikiran mudah stres, kesehatan tubuh kurang terjaga dan risiko berbagai penyakit bisa datang kapan saja. 

     Dikutip dari laman asiantown.net, para ahli menyarankan agar kita semua tak meremehkan kebersihan rumah. Keberadaan debu dan perabot serta lantai atau apapun yang ada di rumah serta kotor dikatakan mampu meningkatkan risiko kanker serta risiko kurang subur pada sistem reproduksi tubuh. Tak hanya itu saja, lingkungan atau rumah yang kurang bersih juga memungkinkan seseorang mengalami penuaan dini lebih cepat dari yang seharusnya. 

     Para ahli mengungkapkan jika rumah yang kurang terjaga kebersihannya sangat memungkinkan mengalami penyebaran bakteri serta kuman penyebab berbagai penyakit. Bahkan, rumah yang sebelumnya dianggap telah bersih dan rapi, tidak jarang hal ini juga masih terdapat bakteri, kuman serta zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. 

     Para ilmuwan dari George Washington University mengungkapkan bahwa zat kimia serta kuman yang bercampur bersama debu dan kotoran di rumah memiliki pengaruh yang sangat buruk buat kesehatan. Ini juga sangat memungkinkan meningkatkan risiko kanker, ketidaksuburan pada sistem reproduksi dan perasaan kurang nyaman atau stres. Pada anak-anak, kondisi rumah yang kurang bersih juga rentan menyebabkan risiko asma, risiko penurunan kemampuan IQ serta risiko masalah kulit. 

     Untuk menghindari dari masalah ini, para ahli selanjutnya menyarankan agar setiap orang menjaga kebersihan rumah dengan baik. Menyapu dan mengepel lantai adalah suatu hal yang sangat penting dilakukan setiap hari setidaknya 2 kali dalam sehari. Para ahli juga menyarankan agar kita semua membersihkan dan mencuci tangan sesering mungkin, mengganti bantal dan sprei secara berkala maksimal 1 bulan sekali serta menjaga kebersihan kamar mandi dengan baik. 

     Dr Robin Dodson, seorang ilmuwan dari Silent Spring Institute, Massachusett mengatakan bahwa setiap orang harus menjaga kebersihan rumah jika ia ingin memiliki tubuh sehat. Sementara itu, seorang penulis yang berbasis di kepenulisan masalah kesehatan yakni Dr Veena Singla mengatakan bahwa kebersihan dan kesehatan tubuh seseorang ditentukan oleh pola hidup yang dijalankan dan seberapa maksimal ia menjaga kebersihan di sekitarnya. 

     Well, buat kita semua yang ingin selalu sehat dan terhindar dari kanker juga masalah kesuburan, pastikan untuk tidak menganggap remeh masalah kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Semoga, informasi ini bermanfaat. 

 

Sumber Berita : https://www.fimela.com/beauty-health/read/3763115/jangan-anggap-remeh-ini-alasan-rumah-harus-selalu-bersih

 

 

 

ARTIKEL & BERITA POPULER

Apersi targetkan pembangunan rumah MBR 150.000 unit tahun 2019

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) ...

Cara Menciptakan Lingkungan Bersih & Sehat

Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk ...

Kebijakan Hunian Berimbang

Wawancara bersama Dr. Hazaddin T.S. Deputi Bidang Pengembangan Kawas ...