• Berita
  • 08 Juli 2019
  • 19 Dilihat
  • Meyliza

Jurnalistik Berkualitas Jurnalistik Berintegritas

Walikota Samarinda H. Syaharie Ja’ang bersama Kepala Dinas Kominfo Samarinda Aji Syarief Hidayatullah ikut hadir dalam acara Pelatihan Bimtek Jurnalistik.

Banyak peserta OPD yang ikut serta, dalam pelatihan ini, mulai dari Diskominfo, Dinas Pertanahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan OPD lainnya.

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Harris Jl. Untung Suropati No.35, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda selama dua hari, mulai tanggal 8-9 Juli 2019. Mentor dalam pelatihan Bimtek ini berasal dari Yogyakarta, bernama Mukhijab Mahasiswa Program Doktoral Sosiologi Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Sosial.

Kepala Dinas Kominfo mengatakan, bahwa pelatihan Bimtek harus benar-benar dilaksanakan dengan mengundang banyak dari OPD-OPD yang harus ikut serta dalam pelatihan Bimtek Jurnalistik kali ini, hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui berita-berita terupdate dari masing-masing OPD “ Bapak.. ibu.. harus bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini, karna ini hal yang sangat penting untuk kita semua, terutama untuk masyarakat apalagi di era Teknologi yang semakin canggih ini banyak munculnya berita Hoax yang meresahkan kita semua. Ini benar-benar harus ditangani secara khusus, kita harus bisa menepis opini-opini negatif dari masyarakat, jangan hanya dari satu sisi saja mereka mengetahuinya, kita harus menyajikan berita real untuk masyarakat Samarinda. Dalam pelatihan ini juga bapak dan ibu akan diajarkan cara pengambilan angle foto ataupun video agar berita yang kita sajikan semakin nyata.” Tutur Kadis Kominfo Aji Syarief Hidayatullah. Sambutan ini juga kembali di ucapkan oleh Walikota Samarinda H. Syaharie Ja’ang yang menyampaikan hal sama seperti Kadis Kominfo Samarinda “ bahwa Pelatihan Jurnalistik ini merupakan hal yang sangat penting, kita harus menyampaikan berita yang real kepada masayarakat, jangan sampai kita di bully lagi. Coba liat di grup Bubuhan Samarinda (Grup Facebook Samarinda) pada waktu banjir yang baru-baru melanda di Samarinda, komentarnya pada negatif semua tidak ada yang positif, terus saya dibilang pergi begitu saja saat banjir melanda di Samarinda. Kenapa pembullyan ini terjadi ? karena acuhnya kita semua dan tidak ada rasa simpatik, kita wajib mengkonfirmasi berita kebenarannya agar tidak terjadi kesalahpahaman masyarakat, jangan cuman lingkup Pemerintah kota saja yang berbicara, kelurahan dan Kecamatan pun harus ikut serta dalam menshare berita tersebut, Kelurahan dan Kecamatan juga termasuk lingkup Pemerintahan jangan cuek. Sebelum terjadinya banjirpun, sebenarnya kita semua sedang bekerja untuk pembuatan Drainase contohnya di Panjaitan. Cuman masih dalam proses pengerjaan saja belum mantap 100%” Ucap Walikota H. Syaharie Ja’ang .

Pelatihan ini diharapkan bisa membantu pesera dari instansi OPD terkait agar dapat menulis materi berita pelayanan informasi publik secara baik dan benar melalui laman Web dan Sosial Media secara bijak dan memberikan semangat untuk selalu menyebarkan berita agar masyarakat tau tentang perkembangan instansi berdasarakan Tupoksi masing-masing OPD.

ARTIKEL & BERITA POPULER

Apersi targetkan pembangunan rumah MBR 150.000 unit tahun 2019

Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) ...

Kebijakan Hunian Berimbang

Wawancara bersama Dr. Hazaddin T.S. Deputi Bidang Pengembangan Kawas ...